Senin, 14 Maret 2011

Buah Dibuat Jadi Apa?

Singkong bisa dibuat jadi es kerin


Es kering seperti yang kita ketahui banyak dipergunakan di film (efek asap), pengangkutan makanan, pengawetan makanan dsb. sifatnya yang mampu menghasilkan suhu rendah hingga -78 derajat celcius menjadikan es kering sangat dibutuhkan untuk keperluan industri maupun rumah tangga.
Dry ice atau es kering ini dibuat dari bahan baku gas CO2 yang telah dicairkan sebelumnya. CO2 tersebut ditekan dan didinginkan hingga berubah fasa menjadi padatan. di indonesia ada pabrik es kering skala industri, yaitu di PT PUSRI. Sisa CO2 dari proses produksi pembuatan urea dimanfaatkan untuk pembuatan es kering.
Sisa gas CO2 ini terdapat juga pada pabrik bioetanol singkong. Pada proses fermentasi singkong (amilum) menjadi etanol, akan dihasilkan sejumlah gas CO2. Akan sangat sayang jika gas ini dibuang begitu saja. gas CO2 yang melimpah ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan es kering.

Limbah Buah Bisa Jadi Energi Listrik


Sleman: Limbah buah ternyata bisa menghasilkan listrik bertenaga besar. Berdasarkan gagasan itu, Universitas Gajah Mada, Pemkab Sleman, dan Pemerintah Swedia membangun instalasi biogas di Pasar Buah Gamping, Sleman, Yogyakarta, Jumat (11/2).

Teknis kerja biogas itu, limbah buah dihancurkan alat penghancur bernama mesin crusher, lalu disaring menggunakan mesindewatering untuk memisahkan limbah padatan dan limbah cair. Limbah cair itulah yang diubah menjadi biogas, dengan diuraikan bersama bakteri anaerob dalam dua buah penampungan selama tiga hari.

Setelah tiga hari, limbah buah cair akan menjadi biogas yang dapat menghasilkan tenaga listrik hingga 12.000 watt. Untuk keperluan penerangan di sekitar pasar hanya membutuhkan sekitar 1.200 watt atau 10 persennya.

JUICE BUAH

CARA MEMBUAT JUICE
Cara yang paling sederhana adalah meremas bahan tadi hingga keluar airnya. Untuk dapat mengeluarkan seluruh cairan tanaman ini mungkin diperlukan alat yang dapat menekan air dari tanaman hingga keluar. Tetapi ternyata mayoritas alat yang dikatakan sebagai juicer ternyata tidak bagus performance-nya. Juicer yang dijual di toko-toko itu pada umumnya juicer berotasi tinggi, di mana pisaunya berputar horizontal dengan kecepatan tinggi.

Juicer yang baik adalah alat pemeras dengan rotasi yang rendah. Biasanya alat ini merupakan satu atau dua tuas berputar yang memerah sayuran (single screw or twin screw slow rotation juicer). Alat ini memisahkan air dan ampasnya (pulp). Di dalam ampas masih ada air, nutrisi, dan enzyme yang masih dapat diolah di mesin perah. Beberapa juicer mengkombinasikan kedua alat ini. Alat press tidak selalu diperlukan, namun untuk penderita sakit hal ini dianjurkan karena hasil perahan terakhir ini mengandung sejumlah enzyme yang baik untuk penderita sakit.

CARA MEMINUM JUICE
Juice tidak boleh diminum begitu saja, ditelan dengan segera, dan masuk ke perut. Perut kita tidak memiliki kemampuan cepat untuk menarik unsur yang ada di dalam juice. Perut memerlukan enzyme yang banyak agar proses pengolahannya berjalan sempurna dan cepat. Bila tidak maka juice akan terus saja lewat ke dalam usus besar beserta semua nutrisi yang masih tertinggal didalamnya. Jadinya mubazir dan untuk itu perlu tahu cara baik untuk meminum juice.

Juice diminum dengan cara lambat dan teratur. Masukkan seteguk kedalam mulut, biarkan berdiam di dalam mulut selama 5-15 detik agar enzyme yang ada pada air liur bercampur dengan juice, baru ditelan. Dengan demikian untuk meminum segelas juice, perlu paling tidak 2-3 menit. Inilah cara yang baik. Ini hampir sama dengan orang yang meminum anggur (wine). Juice juga sebaiknya diminum sebelum makanan utama, bukan sebaliknya. Katakanlah setengah jam atau sejam sebelum makan siang atau malam, anda dapat meminum juice, bukan setelahnya. Hal ini perlu agar pada saat anda minum juice, enzyme di mulut dan perut masih banyak tersedia, sehingga juice dapat diproses dengan baik, tidak tercampur dengan makanan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar