Jumat, 25 Maret 2011

Cara Memilih Buah Durian


Buah durian emang jadi kegemaran banyak orang, baunya yang menggoda dan rasa yang unik menjadi incaran banyak orang. Tapi tidak semua orang suka durian looh, memang sangat disayangkan kalo kamu ngelewatin rasa buah yang satu ini. Biasanya beberapa orang yang ga suka durian karena rasanya yang pekat atau terlalu tajam rasa menyengat seperti ada alkoholnya.
Hal ini bisa disiasati dengan mencampur durian dengan makanan kesukaan kamu, seperti es krim ataupun buah-buahan lain. Buat kamu yang ga mau ribet campur-campurin rasa, bisa langsung coba durian di outlet yang khusus menjual buah ini, misalnya ke ES DURIAN “PAK AIP”, dijamin langsung suka. karena disini kamu bisa pilih berbagai variant rasa yang berbahan dasar durian dengan harga uang yang relatif terjangkau mulai dari 14000 – 17000 aja (harga bisa berubah).
Outlet Pak Aip sendiri udah tersebar di Bandung, ini bisa jadi tempat kongkow yang asik karena disini juga terdapat berbagai makanan seperti Mie Ayam dan Juice dengan berbagai rasa. Ga usah ragu lagi ya untuk coba durian . . . Tapi ingat harus hati-hati juga makan buah durian jangan terlalu kebanyakan, ntar bisa overdosis tuch cikaka….
Baik langsung saja, berikut ini adalah beberapa tips cara untuk memilih buah durian yang bagus agar tidak tertipu (Jangan mau membeli kucing dalam karung yah!):
  1. Pada umumnya jika kita hendak membeli dan memilih buah durian tentu pengennya kan yang matang biar langsung bisa dimakan begitu nyampai dirumah dan rasanya mack nyuss… Nah salah satu ciri jika durian sudah matang, biasanya kulitnya layaknya umumnya pada buah-buahanwarnanya kuning kecoklatan. Kemudian jangan lupa memastikan keadaankulit juga masih dalam keadaan bagus yaitu bebas cacat, hal ini tentunya sangat membantu agar kita tidak membeli buah yang telah busuk. Jangan juga memilih buah durian yang kulitnya pecah atau retak, karena jika kulit sudah tidak bagus walaupun sudah matang pasti akan mempengaruhi aroma bau-nya, sehingga rasanya tidak mungkin menjadi tawar atau asam.
  2. Kemudian perhatikan durinya, durian tua yang siap di santap biasanya durinya akan menjadi tumpul dan lebih jarang jika dibandingkan dengan buah durian yang muda. Karena durinya jarang, membuat bentuk duri tersebut menjadi lebih agak sedikit besar dan ini akan keliatan cukup jelas diamati dengan mata telanjang (gak perlu pakai mikroskop kok he4x). Nah jika telah menemukan bentuk duri seperti itu, maka kemungkinan besar isi duriannya bagus dan dapat memuaskan rasa kuliner kita karena isinya besar, manis, dan kering (pokoknya pas dech).
  3. Jangan lupa juga sebisa mungkin untuk melirik bentuk buah durian yang unique dari pada yang lain (tidak terlalu bulat), karena biasanya bentuk seperti ini isinya lebih tebal dan berbiji kecil.
  4. Buah durian yang tua dan bagus biasanya isinya akan kering dan sedikit terlepas dari cangkangnya. Nah, oleh karena itu sebisa mungkin goyangkan buah durian yang hendak akan dipilih dan dibeli, jika ternyata setelah digoyongkan ada sedikit getaran kecil berarti isi didalamnya telah matang dan kering. Namun jika tidak ada getaran maka isi didalamya masih muda sehingga lunak dan isinya masih lengket dengan cangkang dalamnya.
  5. Kemudian cium baunya, jika baunya menyengat kuat dan harum, berarti sudah dapat ditebak isi di dalamnya benar-benar telah matang. Namun jika penjual mengatakan buah tersebut sudah matang tapi ketika kita cium tetap gak terlalu tercium baunya maka kemungkinan besar buah tersebut matang tidak alami, yaitu missal di karbit. Mungkin sebagian dari kita pengennya sih ngdapetin buah yang mateng dari pohonnya. Nah untuk mencari tahu hal ini, kita dapat melihat ujung tangkai buah durian. Jika ujung tangkai tersebut rata, berarti buah tersebut dipotong dari pohonnya dengan pisau. Nah jika ujung tangkainya tidak rata berarti buah tersebut jatuh dari pohonnya karena telah matang di pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar